Rabu, 02 September 2015

Mangkuk Alamat Palsu

Assalamualaikum wr.wb....



Beberapa hari yang lalu (31/8/2015) pagi-pagi setelah sholat subuh aku langsung ngumpet lagi ke dalam selimut, soalnya dikeroyok sama udara dingin perkampungan, hehe. Sembari meringkuk dalam balutan selimut layaknya kempong, jari-jari nakalku mencet-mencet keypad hp purba kalaku biasalah ngapain lagi kalo ga ngubek-ngubek dumay yang aduhay ini. Buka pesbuk, buka tiwitter, buka blog ini-blog itu, blog sana-blog situ, buka wap dan ga lupa buka akun periklanan yang saldonya selalu bikin miris, hiks ya maklum blog dengan traffik kembang-kempis gini memang ga bisa di harapin bisa nambah saldo meski emang dari awal ga terlalu serius sih saldo bisa nambah ya sukur ga nambah ya udah ( ya udah tapi kok pake hiks..hiks munampol banget ).



Pas udah agak siang yang ditandai dengan matahari yang makin jelas menyembul di ufuk timur dengan background yang merona memamerkan kemegahannya bikin aku speechless ga tau mau nulis atau ngomong apa buat ngungkapinnya abisnya mau nulis puisi yang hiperbolis terus tak bacain kenceng-kenceng tapi takut di timpukin sendal jepit orang sekampung :D .



Lagi asik baca artikel tiba-tiba emakku datang bawa kantong plastik berisi belanjaan yang dibelinya dari toko dekat rumah. Emakku terus aja ngeloyor dari pintu depan bablas ke dapur tapi selang beberapa menit balik lagi ke depan bawa baskom sama tauge, sementara aku yang khusuk baca artikel pura-pura ga ngeliat hehe, soalnya kalau ngeliat pasti......iykwim :D.

Tapi ga lama.



"Man, sini ini taugenya dibersihin...!"



Akhirnya tak tinggal lah hpku yang masih menampilkan deretan huruf yang merantai kalimat-kalimat yang belum selesai kubaca.

Dengan sangat berusaha sabar kubersihin tauge itu dari kulit kacang hijau dan akarnya, karena tauge yang dibeli udah agak ketuaan sampe ada akarnya panjang-panjang mirip serabut, aku udah bilang supaya akarnya ga usah dibuang tapi kata emakku akarnya bikin kelihatan jorok akhirnya kuikutin aja lah.



Dan ternyata bersihin kulit tauge itu PR banget, aku udah pernah bilang: "Kalau ada yang udah bersih mending beli yang bersih aja lah...!" tapi di sini jarang ada yang jual tauge udah bersih dan katanya kalaupun ada pasti harganya naik 2 sampai 3 ribu. Setelah rasanya kira-kira 50 sampai 70 tahun kemudian akhirnya semua tauge pun bersih dari kulit dan akar yang mirip serabut tadi fyuuhh rasanya luuega pokoknya berasa neraka udah jauh lah :D , karena selama mbersihin tauge aku pengen banget nyobot pinggang sebentar tapi sayangnya pinggangku permanen bukan kayak body tamiya atau beyblade yang bisa dicopot dan dituker pake body yang warnanya lebih keren.



Nah, karena taugenya udah bersih jadi dibawa buat dicuci terus dimasak. Tapi sebelum memasak tauge emakku nyuci piring, sendok, gelas, mangkuk sama sohib-sohibnya yang tinggal bareng dalam satu rak yang sama. Setelah selesai dicuci perkakas tadi disusun dalam rak, aku ga ngeliat cuma denger suara perkakas yang saling beradu aja sehingga menimbulkan jerit kemelutik yang merayap sampai ke ruang depan. Rak perkakas sedang dipindah ke ruang tengah karena dapur baru saja diperbaiki jadi suara-suara dari rak jelas terdengar di ke-dua kupingku.



Suara kemelutik masih terdengar di ruang tengah itu tapi tiba-tiba.



Krompyanggg!!



Terdengar ada perkakas dari kaca yang jatuh membentur lantai hingga pecah.



"Hhualaah mangkukku pecah...." suara emakku dari ruang tengah.



Lalu yang terdengar hanya suara pecahan yang bergesek dengan lantai sepertinya emakku sedang menyapu pecahan perkakas yang jatuh tadi. Kemudian tak terdengar apa-apa tapi kemudian emakku muncul dari pintu tengah membawa mangkuk yang sudah pecah itu, ia mengumpulkan pecahan yang lebih kecil ke dalam bagian yang lebih besar, dan berkata.



"Nih lihat, mangkukku pecah.." sambil menunjukkan mangkuk yang sudah pecah di tangannya.



Aku menanggapinya dengan mengangkat jempol kiriku karena tangan kananku tengah menggenggam hp.



"Mantapp..!" sambil mengangkat jempol kiri.



"Alamat apa ini pagi-pagi kok mangkuk pecah..." lanjutnya.



"Alamat palsu." jawabku singkat.



Emakku memandangi mangkuk pecah yang ada di tangannya sesaat, kemudian masuk kembali ke ruang tengah lalu entah lanjut kemana karena yang terdengar hanya suaranya yang menyanyikan lagu Ayu Ting Ting yang judulnya Alamat palsu, dan suaranya semakin lama semaki pelan lalu hampir tak terdengar lagi mungkin ia sedang membuang pecahan mangkuk tadi ke pekarangan belakang rumah.



Begitulah cerita pagi beberapa hari yang lalu.



Wassalamualaikum wr.wb..



Makasih udah mampir jangan lupa tinggalin komentar atau sendal jepit juga boleh tapi yang bagus ya, hihi :D

6 komentar:

  1. bangun tidur misahin toge dari kulit kacang ijo sampai mangkuk pecah bisa jadi inspirasi dalam menulis juga ya. mantap jempol kanan kang. hehehehe

    BalasHapus
  2. Wah, bahaya juga tuh mangkuknya pecah. Kalau pecahan kaca sih yang besarnya bisa disapu, tapi buat memastikan nggak ada yang tertinggal bisa pakai roti loh buat mengangkat pecahan kacanya XD

    BalasHapus
  3. @Mangs Aduls,
    Hehehe ya kalau udah niat nulis apa pun idenya juga bisa ditulis mang..


    @Safira Nys,
    Sayang rotinya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas. kalo udah niat nulis bisa jadi ya sebuah tulisan

      Hapus
    2. kdang malah sebuah gerakan juga jadi ide ya mas :D

      Hapus
  4. Wah mangkuknya pecah.... semoga hatinya tak ikut pecah ketika berjabatangan dengan tauge....
    Taugee sayur kesukaanku....
    Salam kenal yaa mas firman

    BalasHapus